Welcome to the blog of stundent vocasional high school

Rabu, 11 Mei 2011

FUNGSI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN (system pada karburator)

1. Sistem pelampung : untuk menjaga / menstabilkan ketinggian bahan bakar ruang pelampung
2. Sistem stasioner dan kecepatan lambat : untuk mensuplai bahan bakar pada saat putaran idling
3. Primary high speed : untuk mensuplai bahan bakar pada saat engine putaran cepat beban ringan
4. Secondary high speed system : -mensuplai pada saat engine putaran cepat dg beban berat.
-untuk mensuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.
5. Sistem tenaga (sistem power): untuk menambah bahan bakar ke primary high speed system.
6. Sistem percepatan ( acceleration system) : untuk menambah campuran bahan bakar pada saat pedal gas di injak tiba".
7. Sistem Cuk : untuk memperkaya campuran bahan bakar pada saat intake manifold dalam keadaan dingin agar mesin mudah menyala.
8. Fast idle mechanisme : untuk menaikkan putaran Idling pada temperatur rendah dan katup cuk masih tertutup dengan membuka sedikit throttle valve.
9. Thermostatic valve : untuk memperkurus campuran bahan bakar pada saat ruang mesin relatif panas karena apabila ruang mesin telah panas bahan bakar di dalam karburator akan mudah sekali menguap dan mungkin meluap ke ventury yang menyebabkan mesin mati.
10. Positive crank case ventilation (pcu) system : untuk mencegah mengalirnya glow by gas ( campuran udara dan bahan bakar bocor) ke udara luar yang akan mengakibatkan pengotoran udara. Udara tersebut akan dikembalikan ke intake manifold untuk di bakar kembali. Sistem ventilation valve mengontrolnya glow by gas sesuai dengan kondisi kerja mesin.
11. Deceleration fuel cuk off system : untuk menutup aliran bahan bakar dari glow port sehingga konsentrasi C0 dan HC dapat diturunkan.

Fungsi dari karburator itu sendiri adalah sebagai tempat pencampuran antara bahan bakar dengan udara. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: